Firmanbiologi's Blog

Just another WordPress.com weblog

Kisi-kisi UAS IPA Kelas IX 2016 (Ganjil)

KISI-KISI SOAL
UJIAN AKHIR SEKOLAH SEMESTER 1 (GANJIL)
Nama Sekolah : SMP Muhammadiyah Surabaya Alokasi Waktu : 90 menit
Mata Pelajaran / Kelas : ILMU PENGETAHUAN ALAM / 9 Jumlah Soal : 40
Semester / Tapel : SATU / 2017-2018 Penyusun : MGMP IPA SMP MUHAMMADIYAH SBY
Nomor Urut Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Soal Bentuk Soal Bobot Soal Nomor Soal
1 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1. Memahami sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi Sistem Reproduksi Manusia Disajikan gambar fase pembelahan mitosis, siswa dapat mengidentifikasi pasangan yang benar antara nama fase pembelahan secara mitosis beserta ciri-ciri fasenya PG 2.5 1
2 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1. Memahami sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi Sistem Reproduksi Manusia Siswa dapat menentukan hubungan yang tepat antara nama organ reproduksi pria dan fungsinya PG 2.5 2
3 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1. Memahami sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi Sistem Reproduksi Manusia Disajikan gambar sistem organ reproduksi wanita, siswa dapat mengidentifikasi nama organ dan fungsinya sesuai bagian organ yang ditunjuk PG 2.5 3
4 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1. Memahami sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi Sistem Reproduksi Manusia Disajikan pernyataan tentang ketiga faktor yang mempengaruhi proses melahirkan antara lain; hormon, gaya dorong otot-otot rahim, dan gaya gesek bayi dengan rahim serta serviks, siswa dapat menentukan hubungan yang benar diantara ketiga faktor proses melahirkan tersebut PG 2.5 4
5 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1. Memahami sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi Sistem Reproduksi Manusia Siswa dapat menentukan jenis hormon yang diproduksi pada fase sekretori di siklus menstruasi PG 2.5 5
6 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1. Memahami sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi Sistem Reproduksi Manusia Disajikan bagan spermatogenesis dan oogenesis, siswa dapat menentukan konsep pembelahan sel secara mitosis dan meiosis yang benar pada kedua bagan tersebut PG 2.5 6
7 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1. Memahami sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi, serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi Sistem Reproduksi Manusia Disajikan ciri-ciri penyakit pada sistem reproduksi manusia, siswa dapat menentukan nama penyakit berdasar ciri-ciri tersebut PG 2.5 7
8 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.2. Memahami reproduksi tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup Reproduksi Tumbuhan dan Hewan Disajikan daftar nama tumbuhan, siswa dapat menentukan tumbuhan yang bereproduksi menggunakan batangnya yang menjalar di atas tanah  (stolon) PG 2.5 8
9 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.2. Memahami reproduksi tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup Reproduksi Tumbuhan dan Hewan Disajikan gambar bagian-bagian bunga, siswa dapat mengidentifikasi organ reproduksi seksual pada gambar tersebut PG 2.5 9
10 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.2. Memahami reproduksi tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup Reproduksi Tumbuhan dan Hewan Disajikan pernyataan tentang percobaan perkecambahan biji kacang hijau, siswa dapat menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi perkecambahan berdasar percobaan tersebut PG 2.5 10
11 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.2. Memahami reproduksi tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup Reproduksi Tumbuhan dan Hewan Disajikan ciri-ciri biji, siswa dapat menentukan cara penyebaran biji dan contoh biji berdasar ciri-ciri biji tersebut PG 2.5 11
12 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.2. Memahami reproduksi tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup Reproduksi Tumbuhan dan Hewan Siswa dapat menentukan alat reproduksi seksual dan alat reproduksi aseksual pada tumbuhan pinus dan pakis haji PG 2.5 12
13 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.2. Memahami reproduksi tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup Reproduksi Tumbuhan dan Hewan Disajikan nama-nama hewan, siswa dapat menentukan hewan yang memiliki plasenta dan kelenjar mammae berdasar cara perkembangan dan kelahiran embrionya PG 2.5 13
14 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.2. Memahami reproduksi tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup Reproduksi Tumbuhan dan Hewan Siswa dapat menentukan perbedaan metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna PG 2.5 14
15 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.2. Memahami reproduksi tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup Reproduksi Tumbuhan dan Hewan Disajikan fakta alam, siswa dapat menentukan organisme yang dapat lolos dari seleksi alam untuk melanjutkan keturunannya berdasar fakta alam tersebut PG 2.5 15
16 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.2. Memahami reproduksi tumbuhan dan hewan, sifat keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup Reproduksi Tumbuhan dan Hewan Siswa dapat menjelaskan cara adaptasi kelompok tumbuhan tropofit pada saat musim kemarau PG 2.5 16
17 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.3. Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan Kependudukan dan Lingkungan Disajikan data jumlah penduduk dan angka kelahiran bayi di suatu daerah, siswa dapat menghitung angka kelahiran dan penggolongan angka kelahiran pada daerah tersebut PG 2.5 17
18 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.3. Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan Kependudukan dan Lingkungan Disajikan data jumlah penduduk dan angka kematian penduduk di suatu daerah, siswa dapat menghitung angka kematian pada daerah tersebut dan penggolongan angka kematian pada daerah tersebut PG 2.5 18
19 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.3. Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan Kependudukan dan Lingkungan Disajikan grafik jumlah pertumbuhan penduduk Indonesia, siswa dapat memprediksi dampak peningkatan jumlah penduduk terhadap kualitas lingkungan PG 2.5 19
20 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.3. Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan Kependudukan dan Lingkungan Siswa dapat menentukan grafik yang menunjukkan hubungan yang tepat antara kepadatan penduduk dengan kualitas air PG 2.5 20
21 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.4. Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion, molekul, serta hubungannya dengan karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup Siswa dapat menentukan gambar model atom menurut teori atom yang disampaikan Niels Bohr PG 2.5 21
22 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.4. Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion, molekul, serta hubungannya dengan karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup Siswa dapat menentukan nomor atom dan nomor massa yang memiliki jumlah neutron 26 PG 2.5 22
23 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.4. Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion, molekul, serta hubungannya dengan karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup Disajikan suatu ion yang memiliki jumlah elektron dan jumlah neutron, siswa dapat menentukan nomor atom, nomor massa, dan jumlah proton yang benar PG 2.5 23
24 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.4. Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion, molekul, serta hubungannya dengan karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup Disajikan nomor atom suatu atom, siswa dapat menentukan jumlah elektron di tiap kulitnya PG 2.5 24
25 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.4. Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion, molekul, serta hubungannya dengan karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup Disajikan data tabel nomor atom dari beberapa atom, siswa dapat menentukan atom yang memiliki jumlah elektron yang sama di kulit terluarnya PG 2.5 25
26 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.4. Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion, molekul, serta hubungannya dengan karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup Siswa dapat menentukan golongan yang termasuk ion di dalam kandungan sabun PG 2.5 26
27 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.4. Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion, molekul, serta hubungannya dengan karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup Siswa dapat menentukan cara atom membentuk ikatan ion dan ikatan kovalen PG 2.5 27
28 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.4. Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion, molekul, serta hubungannya dengan karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup Siswa dapat menjelaskan alasan grafit sehingga dapat menghantarkan listrik PG 2.5 28
29 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.4. Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion, molekul, serta hubungannya dengan karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup Siswa dapat menentukan alasan plastik PETE digunakan sebagai wadah makanan PG 2.5 29
30 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.5. Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf, dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan Disajikan beberapa percobaan listrik statis dengan menggunakan kaca, plastik, kain wol, dan kain sutera, siswa dapat menentukan hasil percobaan yang benar PG 2.5 30
31 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.5. Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf, dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan Disajikan besar gaya coulumb kedua muatan dan jarak antar kedua muatan, siswa dapat menghitung besar muatan benda PG 2.5 31
32 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.5. Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf, dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan Disajikan besar gaya coulumb kedua muatan dan besar kedua benda yang bermuatan, siswa dapat menghitung medan listrik yang ditimbulkan oleh salah satu benda PG 2.5 32
33 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.5. Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf, dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan Disajikan pernyataan tentang kondisi pada elektroskop, siswa dapat menentukan kondisi daun elektroskop dan muatan yang terdapat pada daun elektroskop itu PG 2.5 33
34 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.5. Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf, dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan Disajikan besar muatan listrik dan energi untuk memindahkan muatan tersebut, siswa dapat menghitung beda potensial yang terjadi di ujung-ujung rangkaian listrik itu PG 2.5 34
35 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.5. Memahami konsep listrik statis, muatan listrik, potensial listrik, hantaran listrik, kelistrikan pada sistem syaraf, dan contohnya pada hewan-hewan yang mengandung listrik Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan Siswa dapat menentukan zat kimia yang dapat menghantarkan rangsangan listrik pada tubuh manusia PG 2.5 35
36 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.6. Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menghitung hambatan pengganti pada rangkaian listrik tersebut PG 2.5 36
37 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.6. Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menghitung arus listrik pada rangkaian listrik tersebut PG 2.5 37
38 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.6. Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan Disajikan gambar tiga lampu identik yang dihubungkan dengan sebuah baterai dalam suatu rangkaian listrik, siswa dapat menentukan besar atau kecilnya arus listrik yang mengalir pada tiap lampunya PG 2.5 38
39 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.6. Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan Disajikan data penggunaan tiga alat listrik selama 30 hari yang terdiri dari jumlah alat listrik, waktu penggunaan per hari, dan energi yang digunakan alat listrik itu, siswa dapat menghitung daya listrik dari masing-masing alat listrik tersebut PG 2.5 39
40 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.6. Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar Kelistrikan dan Teknologi Listrik di Lingkungan Disajikan kasus tentang penggunaan alat-alat listrik selama 30 hari yang terdiri dari jumlah alat listrik, waktu penggunaan tiap hari dan biaya listrik per kWh, siswa dapat menghitung biaya rekening listrik dalam 1 bulan berdasar kasus tersebut PG 2.5 40
Surabaya, 3 November 2016
Guru Mata Pelajaran IPA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

tentang PENDIDIKAN

AKHMAD SUDRAJAT

P4MRI Universitas Negeri Surabaya

Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia

Firmanbiologi's Blog

Just another WordPress.com weblog

E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) Indonesia

Menjadi guru Profesional dengan memanfaatkan Teknologi

Matematohir

Selamat Datang di Wabsite Kami, Wabsite Matematohir: Wahana Belajar Matematika Ala Pak Tohir... :-)

Forum Peduli Pendidikan (ICT MKKS SMP Swasta Wialayah Surabaya Timur)

Soepriyadi, S.Pd (email: adi_creative93@yahoo.com) HP. 0816527901 / 081703591053 Pin : D06785B0

Media Guru

Belajar Sepanjang Hayat

MKKS SMP SWASTA WILAYAH SURABAYA TIMUR

Sekretariat : SMP K YBPK 1 Jl. Luntas 33 Surabaya (email admin : adi_creative93@yahoo.com) P.adi / (WA, Line, Telegram) 0816527901 / Pin BB : D06785B0

Kronik

The more you know, the more you realize you don't know anything. The more you travel, the more you realize you haven't seen anything. [Socrates-wm]

ABDUL KARIM

Ketua Bidang Peningkatan Mutu Guru IGI Pusat

Kawirian

Welcome to my blog

Aksel MAN Malang 1

Akselerasi Numero Uno

sainsbiologippsunesa

A topnotch WordPress.com site

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

dispendik.ketenagaan.surabaya

Just another WordPress.com site

Blog Guru Kreatif

Mitra dalam wujudkan sekolah yang efektif dan guru yang profesional

Cobaberbagi's Blog

Just another WordPress.com weblog

%d blogger menyukai ini: