Firmanbiologi's Blog

Just another WordPress.com weblog

Jawaban dan Rubrik Penilaian Kegiatan Praktikum Ginjal

Berikut jawaban dari ketiga kegiatan praktikum gunjal yang telah dilakukan:

 

1. Kegiatan Praktikum Penyelidikan Fungsi Ginjal 

 

Diskusi dan Analisa Hasil Pengamatan!

7. Bila gambar model mekanisme kerja ginjal digunakan sebagai kerja ginjal, maka :

  • Beras dan air cuciannya mewakili sebagai model darah dalam arteri ginjal
  • Corong dan kain kasa mewakili sebagai model glomerulus dan kapsula bowman (badan malphigi)
  • Air dalam cucian beras dalam gelas kimia yang telah disaring mewakili sebagai model cairan hasil penyaringan (urin primer)

8. Sesuai dengan model mekanisme kerja ginjal di atas, diskusikan dengan teman sekolompokmu bagaimana bagian ginjal tersebut bekerja?

  • Hasil Diskusi : darah dalam arteri ginjal à darah masuk ke glomerulus dan kapsula bowman (badan malphigi) à cairan hasil penyaringannya disebut urin primer

Rubrik Penilaian Uraian Lembar Kerja Praktikum Siswa (Kegiatan Penyelidikan Fungsi Ginjal)

No

Jawaban

Skor

6.

Beras akan tertinggal di kain kasa yang terletak di atas corong. Air cucian beras akan melewati kain kasa. Warna air cucian beras menjadi keruh

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap)

20

7.

Model darah dalam arteri ginjal

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap)

15

Model glomerulus dan kapsula bowman (badan malphigi)

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap)

15

model cairan hasil penyaringan (urin primer)

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap)

15

8.

darah dalam arteri ginjal à darah masuk ke glomerulus dan kapsula bowman (badan malphigi) à cairan hasil penyaringannya disebut urin primer

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap)

35

Total

100

 

2. Kegiatan Praktikum Penyelidikan Struktur Ginjal  

 

Rubrik Penilaian Uraian Lembar Kerja Praktikum Siswa

 (Kegiatan Penyelidikan Struktur Bagian Ginjal)

 

 

No

Jawaban

Skor

6.

Menyaring darah menjadi urin

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap)

20

7.

1. Tubulus Kontortus Proksimal (TKP) : tempat terjadinya filtrasi (penyaringan darah)

2. Tubulus Kontortus Distal (TKD) : tempat terjadinya reabsorpsi

3. Lengkung Henle : menghubungkan TKP dengan TKD 

4. Tubulus Kolektivus : saluran pengumpul urin sementara setelah di TKD

 (Bila siswa menjawab tiap poin dengan benar dan lengkap, siswa mendapat 10)

40

8.

1. Mempertahankan keseimbangan cairan tubuh

2. Menjaga tekanan osmotik dengan cara mengatur keseimabangan garam-garam dan air dalam tubuh

3. Mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa dari cairan tubuh dengan cara mengeluarkan kelebihan asam atau basa melalui urine

4. Mengeluarkan sisa metabolisme seperti urea, amonia, dan kreatinin

 (Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap tiap poin, siswa mendapat 10)

40

Total

100

 

 

3. Kegiatan Diskusi Kelompok Materi Ginjal  

Rubrik Penilaian Uraian Lembar Kerja Praktikum Siswa

 (Kegiatan Penyelidikan Struktur Bagian Ginjal)

 

No

Jawaban

Skor

1.

Eksresi adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme yang tidak dimanfaatkan lagi bagi tubuh

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap)

10

2

Proses pengeluaran zat sisa dari suatu kelenjar yang masih dimanfaat untuk proses tertentu

(Bila siswa menjawab tiap poin dengan benar dan lengkap, siswa mendapat 10)

10

3.

Contoh zat sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui proses ekskresi adalah urin, keringat (air dan garam), CO2, Amonia (NH3) sebagai racun, zat warna empedu, asam urat sedangkan sekresi adalah hormon dan enzim 

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap tiap poin ekskresi dan sekresi, siswa mendapat 10)

20

4.

Organ Eksresi

Zat-Zat yang Dikeluarkan

Ginjal

Urin

Kulit

Keringat (air dan garam

Hati

Amonia (NH3) sebagai racun, zat warna empedu, Urea

Paru-paru

COdan uap air

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap tiap poin, siswa mendapat 5)

20

5.

1. Mempertahankan keseimbangan cairan tubuh

2. Menjaga tekanan osmotik dengan cara mengatur keseimabangan garam-garam dan air dalam tubuh

3. Mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa dari cairan tubuh dengan cara mengeluarkan kelebihan asam atau basa melalui urine

4. Mengeluarkan sisa metabolisme seperti urea, amonia, dan kreatinin

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap tiap poin, siswa mendapat 5)

20

6.

Perhatikan gambar ginjal manusia di bawah ini!

 

Isilah tabel bagian-bagian ginjal dengan fungsinya di bawah ini1

Huruf

Nama

Fungsi

A

Korteks

Fitrasi darah

B

Medulla

Reabsorpsi dan augmentasi

C

Pembuluh arteri ginjal

Tempat masuknya darah dari seluruh tubuh ke ginjal

D

Pembuluh vena ginjal

Tempat keluarnya darah dari ginjal

E

Pelvis

Tempat penampungan urin dari medulla

F

Ureter

Saluran urin dari pelvis ke kandung kemih

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap tiap poin, siswa mendapat 5)

 

30

7.

Perhatikan gambar sistem urinaria manusia di bawah ini!

 

Isilah tabel bagian-bagian sistem urinaria manusia dengan fungsinya di bawah ini1

No.

Nama

Fungsi

1

Ginjal

Untuk mencuci darah hingga dihasilkan urin

2

Ureter

Saluran urin dari ginjal menuju ke kandung kemih

3

Kandung kemih

Tempat penampungan urin dari ureter

4

Uretra

Saluran kencing/tempat keluarnya urin ke luar tubuh

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap tiap poin, siswa mendapat 10)

40

8.

8. Perhatikan gambar nefron di bawah ini!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Isilah tabel bagian-bagian nefron di bawah ini1

Huruf

Nama

A

Glomerulus

B

Pembuluh arteri ginjal

C

Pembuluh vena ginjal

D

Kapsula Bowman/Simpai Bowman

E

Tubulus Kontortus Proksimal

F

Lengkung Henle

G

Tubulus Kolektivus

H

Darah menuju ke medulla dan pelvis ginjal

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap tiap poin, siswa mendapat 5)

40

9.

Isilah tabel tahapan pembentukan urin di bawah ini!

Tahapan Ke-

Nama Proses (Tahapan)

Tempat Terjadinya

Hasil

1

Filtrasi (Penyaringan)

Badan Malphigi (Tepatnya terjadi di Glomerulus dan Kapsula Bowman)

Urine Primer

2

Reabsorpsi (Penyerapan Kembali)

Tubulus Kontortus Proksimal (TKP)

Urine Sekunder

3

Augmentasi (Penambahan)

Tubulus Kontortus Distal (TKD)

Urine Sesungguhnya

(Bila siswa menjawab dengan benar dan lengkap tiap poin, siswa mendapat 15)

45

 

Skor Total = 235  x 100

                     235

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

tentang PENDIDIKAN

AKHMAD SUDRAJAT

P4MRI Universitas Negeri Surabaya

Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia

Firmanbiologi's Blog

Just another WordPress.com weblog

E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) Indonesia

Menjadi guru Profesional dengan memanfaatkan Teknologi

Matematohir

Selamat Datang di Wabsite Kami, Wabsite Matematohir: Wahana Belajar Matematika Ala Pak Tohir... :-)

Forum Peduli Pendidikan (ICT MKKS SMP Swasta Wialayah Surabaya Timur)

Soepriyadi, S.Pd (email: adi_creative93@yahoo.com) HP. 0816527901 / 081703591053 Pin : D06785B0

Media Guru

Belajar Sepanjang Hayat

MKKS SMP SWASTA WILAYAH SURABAYA TIMUR

Sekretariat : SMP K YBPK 1 Jl. Luntas 33 Surabaya (email admin : adi_creative93@yahoo.com) P.adi / (WA, Line, Telegram) 0816527901 / Pin BB : D06785B0

Kronik

The more you know, the more you realize you don't know anything. The more you travel, the more you realize you haven't seen anything

ABDUL KARIM

Ketua Bidang Peningkatan Mutu Guru IGI Pusat

Kawirian

Welcome to my blog

Aksel MAN Malang 1

Akselerasi Numero Uno

sainsbiologippsunesa

A topnotch WordPress.com site

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

dispendik.ketenagaan.surabaya

Just another WordPress.com site

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

Cobaberbagi's Blog

Just another WordPress.com weblog

%d blogger menyukai ini: