Firmanbiologi's Blog

Just another WordPress.com weblog

RANGKUMAN MATERI UJIAN PRAKTEK IPA JUMAT, 22 FEBRUARI 2013 SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA

RANGKUMAN MATERI UJIAN PRAKTEK BIOLOGI
JUMAT, 22 FEBRUARI 2013
SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA

Standar Kompetensi:
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Kompetensi Dasar:
2.1. Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan

Indikator:
 Diberikan beberapa contoh tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan
 Diberikan beberapa contoh bunga, siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian bunga (kelopak, mahkota, benang sari, dan putik) beserta fungsinya

RANGKUMAN MATERI
Cara Perkembangbiakan (Reproduksi) Vegetatif Alami
Reproduksi secara vegetatif adalah perkembangbiakan yang terjadi tanpa melalui proses perkawinan atau peleburan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Reproduksi secara vegetatif alami dapat terjadi pada makhluk hidup tingkat rendah dan tingkat tinggi (tumbuhan). Proses perkembangbiakan vegetatif di antara nya adalah bertunas, membentuk spora, dan membelah diri. Proses ini terjadi pada makhluk hidup tingkat rendah. Makhluk hidup yang berkembang biak dengan membentuk spora, misalnya jamur, lumut, dan paku dalam fase sporofitnya. Membelah diri biasanya dilakukan oleh makhluk hidup bersel satu, seperti Amoeba, Euglena, dan Paramaecium.
Berikut reproduksi vegetatif alami lainnya adalah: Stolon atau geragih adalah cabang yang tumbuh mendatar di atas permukaan tanah. Contohnya, stroberi, rumput teki, dan daun kaki kuda. Umbi adalah bagian tanaman yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Umbi dibagi menjadi tiga macam, yaitu: (1) Umbi akar adalah akar yang tumbuh membesar dan beberapa tempat pada umbi tersebut terdapat calon tunas yang dapat tumbuh menjadi individu baru. Contoh: ubi. (2) Umbi batang adalah batang yang tumbuh membesar. Contoh: wortel, lobak, dan bit. (3) Umbi lapis merupakan modifikasi dari pelepah daun yang tersusun rapat membentuk umbi. Pada setiap ketiak lapisan terdapat calon tunas. Bagian dasar umbi yang berbentuk cakram merupakan modifikasi dari batang. Contoh: bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Rimpang atau akar tinggal, yaitu batang yang tumbuh mendatar di dalam tanah. Contoh: kunyit, jahe, kencur, dan temu lawak. Tunas adalah tumbuhan yang tumbuh dari batang yang berada di dalam tanah. Umumnya, individu baru tumbuh tidak jauh dari induknya sehingga tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas membentuk rumpun.Contoh: pisang, bambu, dan tebu. Tunas adventif adalah tunas yang tumbuhnya tidak pada batang, misalnya di daun. Contoh: cocor bebek, cemara, dan sukun.

Bagian-bagian Bunga dan Fungsinya
Bunga merupakan organ penting bagi tumbuhan, khususnyaAngiospermae karena bunga merupakan alat reproduksi danberperan dalam pewarisan sifat. Fungsi bunga didukung oleh struktur alat reproduksi yang ada pada bunga, yaitu benang sari (stamen) dan putik (pistil). Benang sari merupakan seperangkat alat reproduksi jantan. Putik merupakan alat reproduksi betina.
Pada dasarnya, anatomi bunga tumbuhan monokotil dan dikotil adalah sama, yaitu kelopak bunga (kaliks), mahkota bunga (corolla), benang sari (stamen), putik, dan lembaga (ovarium). Kelopak bunga adalah bagian bunga terluar, terletak pada dasar bunga. Kelopak ini berwarna hijau danmerupakan modifikasi dari daun. Bagian atau lembarankelopak bunga disebut juga daun kelopak (sepal). Mahkota bunga terletak di sebelah dalam atau di atas kelopak bunga. Lembaran mahkota disebut juga daunmahkota (petal). Mahkota dan kelopak bunga sering disebut perhiasan bunga. Ukuran mahkota biasanya besar danberwarna-warni. Tumbuhan dikotil umumnya empat atau lima helai. Sedangkan, pada tumbuhan monokotil tiga atau enam helai.

RANGKUMAN MATERI UJIAN PRAKTEK FISIKA
JUMAT, 22 FEBRUARI 2013
SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA

Standar Kompetensi:
6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari

Kompetensi Dasar:
6.1. Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya

Indikator:
Diberikan stopwatch dan bandul yang diikatkan pada statis, siswa dapat menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang

RANGKUMAN MATERI
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar perkataan getaran, sebagai berikut : senar gitar yang dipetik itu bergetar, gong yang dipukul itu bergetar, bergetar jantungku menyaksikan pertandingan tinju tersebut, dan masih banyak lagi perkataan getaran yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Apakah getaran itu?
Untuk memahami pengertian getaran, kita ikuti beberapa percobaan berikut.
Ambillah bola logam atau bola plastik kemudian ikatlah dengan benang lalu gantungkan pada sebuah papan. Tandailah tempat bola dalam keadaan diam dengan titik A, kemudian berilah simpangan sampai titik B dan lepaskan! Maka yang terjadi bola bergerak bolak-balik melalui titik A (gerak bola sampai titik C).
Gambar Ayunan sederhana

Periode atau waktu getar (T)
Dari gambar di atas gerakan A – C – A – B – A sebanyak satu kali (tidak berulang kali) disebut satu getaran. Waktu yang diperlukan oleh suatu benda untuk melakukan 1 (satu) kali getaran disebut waktu getar atau periode. Jika misalnya kita ukur dengan menggunakan stop watch untuk melakukan 10 kali getaran memerlukan waktu selama 5 detik, maka waktu getar atau periodenya adalah:
5 detik = 0, 5 detik
10
Bila dinyatakan dengan rumus:
T = t atau waktu
N jumlah getaran

Satuan periode dalam SI adalah detik atau sekon.

Frekuensi getaran (f)
Frekuensi disebut juga kekerapan, yaitu jumlah getaran dalam waktu satu detik. Jika dalam waktu 1 detik suatu benda melakukan getaran sebanyak 100 kali, maka frekuensinya adalah 100 getaran/detik.
Bila dinyatakan dengan rumus:
T = N atau jumlah getaran
t waktu
Satu frekuensi dalam SI adalah getaran/detik (Hz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

tentang PENDIDIKAN

AKHMAD SUDRAJAT

P4MRI Universitas Negeri Surabaya

Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia

Firmanbiologi's Blog

Just another WordPress.com weblog

E-Training Guru Melek IT (DOGMIT) Indonesia

Menjadi guru Profesional dengan memanfaatkan Teknologi

Matematohir

Selamat Datang di Wabsite Kami, Wabsite Matematohir: Wahana Belajar Matematika Ala Pak Tohir... :-)

Forum Peduli Pendidikan (ICT MKKS SMP Swasta Wialayah Surabaya Timur)

Soepriyadi, S.Pd (email: adi_creative93@yahoo.com) HP. 0816527901 / 081703591053 Pin : D06785B0

Media Guru

Belajar Sepanjang Hayat

MKKS SMP SWASTA WILAYAH SURABAYA TIMUR

Sekretariat : SMP K YBPK 1 Jl. Luntas 33 Surabaya (email admin : adi_creative93@yahoo.com) P.adi / (WA, Line, Telegram) 0816527901 / Pin BB : D06785B0

Kronik

The more you know, the more you realize you don't know anything. The more you travel, the more you realize you haven't seen anything

ABDUL KARIM

Ketua Bidang Peningkatan Mutu Guru IGI Pusat

Kawirian

Welcome to my blog

Aksel MAN Malang 1

Akselerasi Numero Uno

sainsbiologippsunesa

A topnotch WordPress.com site

Pagar Alam dot Com

Berbagi Informasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

dispendik.ketenagaan.surabaya

Just another WordPress.com site

Blog Guru Kreatif

Praktisi pelatihan guru dan konsultan manajemen sekolah

Cobaberbagi's Blog

Just another WordPress.com weblog

%d blogger menyukai ini: